Sabtu, 08 Desember 2012

Modul 2 cara belajar . dostoc.com



DAFTAR ISI

Daftar Isi       
Pengantar       
Petunjuk       
Standar Kompetensi    
Kompetensi Dasar       
Kemampuan Prasyarat    
Pretest        
Indikator Hasil        

Kegiatan Layanan :
 CARA BELAJAR 
1. Pengertian Belajar    
2. Gaya Belajar   
   
Post Test        
Penutup        
Daftar Istilah        
Daftar Pustaka         











A.    KATA PENGANTAR   
    Dalam pelayanan konseling, ada 9 jenis kegiatan layanan yaitu : 1).Layanan 2).Orientasi, 3).Informasi, 4).Penempatan dan Penyaluran, 5).Penguasaan Konten, 6).Konseling Perorangan, 7).Bimbingan Kelompok, 8).Konseling Kelompok, Konsultasi dan 9).Layanan Mediasi. Adapun bentuk kegiatan ada yang dilakukan secara : 1). invidual seperti  Konseling Perorangan, Konsultasi dan Mediasi, 2).kelompok seperti Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok, dan 3). klasikal seperti Layanan Orientasi, Informasi, Penempatan dan Penyaluran serta Layanan Penguasaan Konten.
    Modul Cara Belajar ini disusun untuk kegiatan yang dilakukan dalam bentuk klasikal yang terencana, berdasar pada needs assesment ( kebutuhan dan masalah konseli ).
    Dengan modul dengan topik bahasan Cara Belajar ini diharapkan dapat menjembatani para konseli dalam menemukan cara belajar yang efektif dan effisien.


B    PETUNJUK   
Petunjuk Bagi Konseli :
a.    Bacalah dengan baik dan pahami betul tujuan yang akan dicapai setelah membahas modul ini.
b.    Baca dengan seksama dan isi pretest yang ada.
c.    Pelajari seluruh materi  dan tanyakan apabila dirasa ada yang kurang jelas.
d.    Kerjakan tugas yang disediakan.
e.    Setelah selesai, cobalah menjawab pertanyaan yang ada dalam lembar evaluasi.
Petunjuk Bagi Konselor :
f.    Bacalah modul ini dengan seksama.
g.    Bimbinglah konseli  didalam mempelajari dan mengisi tugas-tugas yang ada.
h.    Berilah kesempatan pada konseli untuk bertanya.
i.    Berilah evaluasi dan  dokumentasikan hasilnya.
j.    Monitor dan catat kemampuan konseli dalam pelayanan dan berikan feedback.


C    TUGAS PERKEMBANGAN   

Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas

D    KOMPETENSI DASAR   

Mampu belajar secara optimal untuk menguasai semua materi pelajaran di SMA


E    TUJUAN LAYANAN   

Setelah mengikuti kegiatan layanan, siswa diharapkan mampu :
Mengenal konsep belajar secara benar
Mengerti dan memakai strategi yang dapat digunakan agar belajarnya efektif.
Dengan penuh kesadaran menerapkan dalam kegiatan belajarnya sendiri.


F    KEMAMPUAN PRASARAT   
   
Untuk mempermudah dan memperlancar membahas topik ini, diharapkan anda  telah mengetahui beberapa hal, misalnya tentang gaya belajar Anda dan gaya belajar teman Anda.


G    PRETEST   

Untuk mengetahui kemampuan awal Anda, jawablah pertanyaan dibawah ini:
Apa yang dimaksud dengan Cara Belajar
Bagaimana cara belajar Anda ?

H    INDIKATOR HASIL   

Setelah membahas topik ini, konseli dapat menemukan cara belajar yang efektif dan effisien.



I    KEGIATAN  LAYANAN   

MATERI DAN PENUGASAN

Pengertian Belajar    Belajar adalah melakukan pengamatan, membaca, menirukan, mencoba sesuatu, mendengarkan dan mengikuti suatu arahan.
Belajar adalah suatu perubahan penampilan/bentuk sebagai hasil dari latihan.
Belajar ditunjukkan dengan suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan sikap dan tingkah laku, yang didalamnya terdapat aktifitas-aktifitas melalui prosedur-prosedur pelatihan tertentu.

Belajar Efektif    Belajar dikatakan efektif apabila hasil yang dicapai seimbang dengan usaha belajar yang dilakukan.

Gaya Belajar     Bobbi de porter dkk, menyatakan ada 3 gaya  belajar yaitu :
Gaya Belajar Visual
Belajar dilakukan dengan melihat. Belajar akan lebih bermakna jika materinya didukung oleh penampilan gambar yang warna-warni dan rapi.
Gaya Belajar Auditorial
Belajar dilakukan dengan mendengarkan, sehingga saat belajar (membaca) ia akan menggerak-gerakkan bibir atau berbicara dengan pola bermain.
Gaya Belajar Kinestetik
Belajar dilakukan dengan memadukan gerak dan perasaan. Ia akan menunjuk tulisan saat membaca, melakukan gerakan fisik, menyentuh orang disebelahnya bahkan mengingat sambil berjalan.

Tugas : 1

Berilah tanda angka 1 (satu) pada kotak yang sesuai untuk setiap pernyataan. Jumlahkan nilaimu untuk setiap bagian. Kemudian buatlah grafik batang dari hasil tersebut.
VISUAL

No    Pernyataan    Sering    Kadang2    Jarang      
1    Apakah anda rapi dan teratur?                  
2    Apakah anda berbicara dengan cepat?                  
3    Apakah anda perencana dan pengatur jangka panjang yang baik?                  
4    Apakah anda pengeja yang baik?                  
5    Apakah anda melihat kata-kata dalam pikiran anda?                  
6    Apakah anda lebih ingat apa yang dilihat daripada yang didengar?                  
7    Apakah anda menghafal dengan asosiasi visual?                  
8    Apakah anda sulit mengingat perintah lisan kecuali jika dituliskan , dan apakah anda sering meminta orang mengulang ucapannya kembali?                  
9    Apakah anda lebih suka membaca daripada dibacakan?                  
10    Apakah anda suka mencorat-coret selama menelpon/menghadiri rapat?                  
11    Apakah anda lebih suka melakukan demonstrasi daripada berpidato?                  
12    Apakah anda lebih menyukai seni daripada musik?                  
13    Apakah anda tahu apa yang harus dikatakan, tetapi tidak berfikir kata yang tepat?                  
    Sub Total                  
        X 2    X 1    X 0      
    Total per Baris                  
    Total Keseluruhan               
AUDITORIAL


No    Pernyataan    Sering    Kadang2    Jarang      
1    Apakah anda berbicara kepada diri sendiri saat bekerja ?                  
2    Apakah anda mudah terganggu keributan?                  
3    Apakah anda menggerakkan bibir/melafalkan kata saat membaca?                  
4    Apakah anda suka membaca keras-keras dan mendengarkan?                  
5    Dapatkah anda mengulang dan menirukan nada, perubahan, dan warna suara?                  
6    Apakah anda merasa menulis itu sulit, tetapi pandai bercerita?                   
7    Apakah anda berbicara dengan pola berirama?                  
8    Apakah menurut anda, anda adalah pembicara yang fasih?                  
9    Apakah anda lebih menyukai musik daripada seni?                  
10    Apakah anda belajar melalui mendengar dan mengingat apa yang didiskusikan daripada yang dilihat?                  
11    Apakah anda banyak bicara, suka berdiskusi, dan menjelaskan panjang lebar?                  
12    Apakah anda lebih baik mengeja keras-keras daripada menuliskannya?                  
    Sub Total                  
        X 2    X 1    X 0      
    Total per Baris                  
    Total Keseluruhan               




KINESTETIK


No    Pernyataan    Sering    Kadang2    Jarang      
1    Apakah anda berbicara dengan lambat?                  
2    Apakah anda menyentuh orang untuk mendapatkan perhatiannya?                  
3    Apakah anda berdiri dekat-dekat saat berbicara dengan seseorang?                  
4    Apakah anda berorientasi pada fisik dan banyak bergerak?                  
5    Apakah anda belajar melalui manipulasi dan praktik?                  
6    Apakah anda menghafal dengan berjalan dan melihat?                  
7    Apakah anda menggunakan jari untuk menunjuk saat membaca?                  
8    Apakah anda banyak menggunakan isyarat tubuh?                  
9    Apakah anda tak bisa duduk tenang untuk waktu lama?                  
10    Apakah anda membuat keputusan berdasarkan perasaan?                  
11    Apakah anda mengetuk-ngetuk pena, jari atau kaki saat mendengarkan?                  
12    Apakah anda meluangkan waktu untuk berolahraga dan berkegiatan fisik lainnya?                  
    Sub Total                  
        X 2    X 1    X 0      
    Total per Baris                  
    Total Keseluruhan               




GRAFIK GAYA BELAJAR
Buatlah grafik berdasarkan hasil tes gaya belajar di muka


24                  
23                  
22                  
21                  
20                  
19                  
18                  
17                  
16                  
15                  
14                  
13                  
12                  
11                  
10                  
09                  
08                  
07                  
06                  
05                  
04                  
03                  
02                  
01                  
Total Nilai    Visual    Auditorial    Kinestetik   

Kesimpulan :  Jenis/tipe kemampuan ”gaya belajar” (daya tangkap/daya tanggap) saya ialah (yang skornya tertinggi.



Gaya belajar saya       


















Strategi Belajar    Agar kegiatan belajar efektif dan mendapatkan hasil seperti yang diharapkan, maka dibutuhkan suatu strategi tertentu. Artinya seseorang perlu menempuh dan melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung keberhasilan belajarnya. Banyak strategi yang bisa dilakukan dalam belajar, salah satunya adalah KISS ME, yang merupakan singkatan dari langkah-langkah yang harus dilalui dalam kegiatan belajar seseorang, agar mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

Konsentrasi    Belajar yang efisien harus dilakukan dengan penuh konsentrasi, yang berarti perhatian dipusatkan pada apa yang sedang dipelajari dan perhatian tidak terbagi kemana-mana.
Intelegensi    Intelegensi/IQ itu bertingkat. Setiap tingkat memerlukan cara dan waktu belajar yang berbeda. Seseorang yang memiliki IQ tinggi mungkin belajar sebentar saja sudah mampu menguasai materi yang dipelajari sehingga waktu yang dibutuhkan relatif sedikit. Tetapi bagi yang IQ-nya rendah/sedang, harus lebih tekun dan melakukannya secara berulang-ulang. Jadi belajar harus disesuaikan dengan tingkatan IQ-nya.

Sarana    Belajar yang efisien memerlukan sarana yang memadai seperti buku, alat tulis, tempat belajar yang terang dan tenang, dsb. Tidak harus mahal, yang penting ada dan bisa digunakan. Tanpa ada sarana yang memadai biasanya akan muncul kesulitan pada saat belajar yang akan merusak konsentrasi yang sudah terbentuk.

Sistematis    Belajar sebaiknya tidak sembarangan, tapi perlu diatur secara sistematis. Sebelum memulai kegiatan belajar persiapkan terlebih dahulu segala sesuatu yang diperlukan, misalnya : alat tulis, buku, dsb sehingga ketika sedang belajar tidak harus mencari-cari lagi.
Perlu pula dipersiapkan materi apa yang akan dipelajari, akan dimulai dari mana, metode belajarnya hafalan atau perlu latihan-latihan, dan apa kegiatan selanjutnya selama waktu belajar yang telah ditetapkan. Dengan pengaturan yang sistematis maka konsentrasi yang sudah terbentuk akan tetap terjaga.

Manajemen    Kegiatan belajar harus dikelola secar baik, yaitu diatur kapan waktu yang tepat, berapa lama, apa saja yang diperlukan, apa yang sudah dimiliki, berapa banyak yang dimiliki, kapan waktu bermain, kapan waktu membantu orang tua, nonton TV, dsb. Semua dikelola sedemikian rupa sehingga waktu belajar dan semua sarana yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal.

Evaluasi    Untuk mengetahui keberhasilan dan kekurangan yang terjadi selama proses belajar, maka setiap usai belajar perlu dilakukan evaluasi/penilaian. Sampai seberapa jauh atau apa yang telah dikuasai dan mana yang belum dikuasai, dengan membuat pertanyaan sendiri dan dijawab sendiri. Kunci utama dalam evaluasi ini adalah bahwa jawaban dilakukan dengan penuh kejujuran. Jika hasilnya ternyata kurang memuaskan maka dibutuhkan kemauan untuk mengulangi bagian-bagian yang belum dikuasai.



Tugas : 2

Diskripsikan kegiatan belajar yang selama ini anda lakukan sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada dalam KISS ME!


1    Agar belajar efektif dibutuhkan konsentrasi yang baik. Apa yang anda lakukan agar konsentrasi dapat tercipta pada saat belajar?




      
2    Bagaimana Intelegensi anda?
a.  Hasil tes IQ tanggal  :
     Score                        :
     Kategori                   : 
     Rekomendasi           :


b. Penilaian secara pribadi terhadap kemampuan intelektual anda selama ini :







      
3    Bagaimana sarana belajar yang tersedia di rumah anda? Jelaskan!







      
4    Bagaimana anda menyusun waktu dan program belajar anda? Jelaskan!







      
5







    Bagaimana anda memadukan tugas dan kewajiban sebagai anggota keluarga dengan tugas dan kewajiban sebagai pelajar yang mempunyai tugas belajar? Jelaskan!






      
6


    Bagaimana anda melakukan evaluasi terhadap kegiatan belajar anda selama ini? Jelaskan!







      
J    PENILAIAN SEGERA   

Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
Jelaskan pengetahuan yang Anda peroleh setelah mengikuti layanan informasi dengan topik Cara Belajar ini ?
Bagaimana kebiasaan belajar Anda selama ini ?


K    RANGKUMAN   

Cara belajar seseorang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Untuk itu, masing-masing individu harus berusaha menemukan cara belajar yang sesuai dengan dirinya, sehingga akan memperoleh cara belajar yang efektif dan effisien.


L    DAFTAR ISTILAH   

Konselor :  Tenaga profesional yang bertugas memberi bantuan konseli dalam mengentaskan masalah dan mengembangkan diri.
Konseli    :  Peserta didik yang dilayani oleh Konselor.
Visual        :
Belajar dilakukan dengan melihat. Belajar akan lebih bermakna jika materinya didukung oleh penampilan gambar yang warna-warni dan rapi.
Auditorial        :
Belajar dilakukan dengan mendengarkan, sehingga saat belajar (membaca) ia akan menggerak-gerakkan bibir atau berbicara dengan pola bermain.
Kinestetik    :
Belajar dilakukan dengan memadukan gerak dan perasaan. Ia akan menunjuk tulisan saat membaca, melakukan gerakan fisik, menyentuh orang disebelahnya bahkan mengingat sambil berjalan.



M    DAFTAR PUSTAKA   

Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, 2006 , Model Pengembangan Diri.
Bobbi De Porter dkk, 2001, Quantum Teaching, Bandung:Kaifa
The Liang Gie, 1995, Cara belajar yang efisien jilid 1, Yogyakarta : Liberty.
The Liang Gie. 1998. Cara belajar yang efisien jilid 11, Yogyakarta : PUBIB.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar